Cari Blog Ini

Minggu, 20 Januari 2013

Pidato mengenai dampak penggunaan narkoba


Assalamu alaikum wr.wb, dan damai sejahtra bagi kita semua.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN 2 Palu,
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta seluruh staf dan pegawai SMAN  2 Palu,
Serta teman-teman sekalian yang saya sayangi.

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan rahmatnya lah kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Dan pada kesempatan kali ini, perkenankanlah saya untuk menyampaikan pidato mengenai dampak penggunan narkorba ini.
Jumlah pengguna narkoba di Indonesia setiap waktunya semakin hari semakin begitu besar, hal tersebut mungkin dikarenakan lemahnya penegakan hukum di Indonesia sehingga para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. Dari hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu-waktu dapat mengincar kita kapan saja.
Pada awalnya, pelajar seperti kita yang mengkonsumsi narkoba biasanya diawali dengan perkenalannya dengan rokok.  Dari kebiasaan inilah, pergaulan terus meningkat, apalagi ketika orang terserbut bergabung ke dalam lingkungan orang-orang yang sudah menjadi pencandu narkoba. Yang pada awalnya hanya mencoba, lalu kemudian mengalami ketergantungan
Penyalahgunaan narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu saja membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai salah satu contoh dari dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya yang semakin merajalela dan semakin meningkat. Dapat menggangu kita dalam mencapai prestasi kita dalam lingkungan sekolah/pendidikan. Dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang termasuk juga mencuri untuk membeli barang haram terserbut.
Penyalahgunaan narkoba sebenarnya dapat dicegah melalui pertama-tama dari dalam diri sendiri kita sendiri kita harus membuat komitmen dalam diri kita sendiri bahwa kita tidak akan menyentuh barang haram terserbut meskipun orang-orang disekitar menawarkan untuk mengkomsumsi barang terserbut, kita juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, dan kalau ada masalah dengan keluarga, teman, ataupun sekolah ajaklah teman yang paling kau percayai untuk mendengarkan keluh kesah mu. Engkau tidak mungkin akan terus lari dari masalah mu itu  dan percayalah bahwa setiap masalah itu akan membawa masa depan yang indah. Dan kalau engkau merasa muak dengan semua itu ataupun engkau merasa tidak ada yang menemani mu di hidup ini, maka carilah sebuah hobi yang positif misalnya saya adalah seorang otaku ( pecinta anime ) maka pada saat aku mendapatkan masalah dan sahabatku lagi sibuk dengan kesibukkannya maka aku biasanya akan mendengarkan lagu-lagu yang bisa membuatku tenang ataupun aku mencari anime untuk membuatku tertawa selain itu aku bisa mengambil nilai positif dari anime tersebut. Saya tidak perlu mengkomsumsi barang haram terserbut sebab saya sudah punya sesuatu yang bisa membuatku tenang dalam menghadapi setiap masalah yang ku hadapi.
Sekian yang dapat saya sampaikan, Lebih dan kurangnya saya sampaikan maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatiannya dan selamat beraktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar