Cari Blog Ini

Minggu, 20 Januari 2013

Liken (Lichenes)


Liken (Lichenes)
            Liken merupakan suatu bentuk mutualisme antara jamur kantong (divisi Ascomycota) atau jamur gada (divisi Basidiomycota) dengan ganggang hijau. Dalam hubungan tersebut jamur memperoleh makanan dari hasil fotosintesis ganggang, sedangkan ganggang memperoleh air dan mineral dari jamur. Liken atau lumut kerak dapat kita temukan pada kulit pohon, genteng, batuan, atau candi. Liken tersebut tampak bewarna abu-abu atau hijau. Liken hidup sebagai epifit pada batang pohon dan hidup menutup permukaan cadas maupun batuan. Beberapa  jenis, hidup pada celah batuan, sering disebut endofitik. Karena kemampuannnya membantu melapukkan batuan,Liken mempunyai peranan yang sangat besar dalam pembentukan tanah dari batuan. Oleh karena itu, liken terkenal sebagai organisme perintis (pioneer).
     Liken mempunyai sifat yang sangat peka terhadap pencernaan oleh berbagai jenis zat berbahaya, seperti logam berat, flourida, pestisida, radioaktif, dan zat berbahaya lainnya.
       Menurut bentuknya liken dapat dibagi menjadi 3 kelompok:
       I.             Krustos (seperti kerak), misalnya Graphis, tampilannya seperti coret-coret kecil yang panjang di pepohonan.
    II.            Folios (seperti daun), misalnya Umbellicaria dan Parmelia yang tumbuh pada bebatuan.
 III.            Frutikos (seperti semak), misalnya Genus Cladonia dapat menutupi luas di kutub Utara dan kawasan subarktik.

       
Perkembangbiakan liken dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu vegetatif dan generatif.
1. Reproduksi Vegetatif
Dilakukan dengan cara fragmentasi soredium. Jika Soredium terlepas, kemudian terbawa angin atau air dan tumbuh di tempat lain.
2. Reproduksi Genetatif
Reproduksi Generatif spora yang dihasilkan oleh askokarp atau basidiokarp, sesuai dengan jenis jamurnya. Spora dapat tumbuh menjadi lumut kerak baru jika bertemu dengan jenis alga yang sesuai. Sel-sel alga tidak dapat melakukan perkembangbiakan dengan meninggalkan induknya, melainkan hanya dapat berbiak dengan membelah diri dalam tubuh lumut kerak. Soredium adalah Sekelompok jalinan hifa yang menyelubungi sel- sel alga.Fragmentasi adalah terlepasnya bagian tubuh untuk menjadi organisme baru.
Beberapa jenis liken yang banyak di jumpai di atas bebatuan maupun pepohonan di hutan sebagai berikut:
a)   Usnea dasypoga dan Usnea berbata, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional. Usnea menghasilkan asam usnin yang berguna untuk melawan kuman penyakit.
b)  Cladonia rangiferina, merupakan makanan utama rusa kutub.
c)    Roccelia tinctoria, bahan pembuatan lakmus.
d)  Certraria islandica, merupakan bahan ramuan obat
e)   Pamelia acetabulum, hidup pada pohon, berupa lembaran-lembaran seperti kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar